Wednesday, December 2, 2015

TAHUKAH ANDA

Mengapa Hidrogen dalam Atmosfer Kita Sangat Sedikit

Hidrogen adalah unsur paling berlimpah dalam jagad raya dan haruslah melimpah dalam atmosfer selama tahap awal dari evolusi Bumi. Hingga kini, atmosfer kita, terutama terdiri atas nitrogen dan oksigen. Mengapa atmosfer kita sangat sedikit mengandung hidrogen?

Hidrogen yang ada pada tahap awal evolusi Bumi telah lolos ke angkasa luar. Bagaimana hidrogen dapat lolos jika seperti benda-benda lainnya, hidrogen ditarik oleh gaya tarik Bumi? 
Jawabannya didasarkan pada konsep kelajuan lolos. Jika suatu benda sedang bergerak menjauh dari Bumi dengan suatu kelajuan yang sama atau lebih besar daripada kelajuan lolos, ia akan meninggalkan Bumi dan tidak pernah kembali. Kelajuan lolos kira-kira 11.200 m/s sehingga jika sebuah molekul hidrogen memiliki kelajuan yang sama atau lebih besar daripada ini,ia akan lolos. Gas nitrogen (N) memiliki kelajuan efektif 511 m/s pada suhu 20oC. Hidrogen (H) memiliki massa molekul kira-kira 14 kali lebih kecil daripada nitrogen sehingga kelajuan efektifnya kira-kira 1900m/s. Walaupun kelajuan efektif hidrogen hanya 17% dari kelajuan lolos, beberapa molekul bergerak pada kelajuan beberapa kali kelajuan efektif, dan karena itu lolos ke luar angkasa.

No comments:

Post a Comment