Friday, December 18, 2015

Info Fisika

Operasi "Tanpa" Gravitasi Bumi

     Umumnya, operasi atau pembedahan dilakukan di tempat yang sangat stabil, bahkan sama sekali bebas guncangan. Bagaimana jika operasi harus dilakukan di ruang angkasa, di pesawat ruang angkasa, bahkan saat gempa bumi?
     Untuk menjawab tantangan ini, akhir September 2006 lalu, tim yang terdiri dari lima ahli bedah Perancis, diketuai oleh Martin, melakukan uji coba pembedahan yang sebenarnya pada seseorang diatas pesawat terbang. Ruang pesawat diubah menjadi kamar bedah yang higienis dan steril. Kamar dilengkapi dengan peralatan operasi khusus, dimana tiap perangkat mengandung magnet, sehingga bisa tetap pada posisi dan tidak ikut "terbang" kesana kemari, terutama ketika pesawat berada pada kondisi yang nyaris tanpa gravitasi bumi atau zero gravity.
     Pesawat terbang pada ketinggian 6500 m sampai 8500 m. Untuk memperoleh zero gravity, secara total pesawat harus terguncang menukik, dan naik turun ibarat sedang bermain roller coaster sebanyak 22 kali. Bahkan, manuver bagai lengkung parabola itu harus mereka lakukan hingga mencapai titik yang bisa dikatakan zero gravity.
    Operasi justru dilakukan oleh para dokter selama interval waktu pesawat "terpental-pental". Pasien yang menderita tumor ringan itu sendiri hanya memerlukan waktu sekitar 11 menit dari total sekitar 3 jam, pesawat Airbus 300 "Zero-G" melayang-layang dilangit Perancis.
    Tantangan berikutnya menurut Martin adalah melakukan pembedahan dengan robot yang dikendalikan dari bawah menggunakan satelit. Jika ini berhasil dilakukan, para astronaut yang memerlukan operasi tidak perlu menghabiskan waktu beberapa hari hanya untuk kembali ke bumi dan melakukan operasi pengobatan jarak jauh dan pembedahan jarak jauh dapat dilakukan dari bumi. Menurut para ahli, perangkat ini bisa digunakan untuk menghadapi kondisi darurat dibeberapa lokasi sulit, seperti didalam gua atau gedung yang sedang terkena guncangan dahsyat gempa.
Sumber:Kompas, Jumat 6 Oktober 2006

No comments:

Post a Comment