Saturday, December 26, 2015

Info Fisika

Cara Kerja Karburator

     Pada dasarnya, tabung venturi adalah sebuah pipa yang memiliki bagian yang menyempit. Dua contoh tabung venturi adalah karburator mobil dan venturimeter. Tetapi, yang akan dibahas artikel saat ini hanya cara kerja karburator, sedangkan untuk venturimeter akan dibahas di artikel yang akan datang.
     Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Fungsi karburator adalah untuk menghasilkan campuran bahan bakar dengan udara, kemudian campuran ini dimasukkan ke dalam silinder-silinder mesin untuk tujuan pembakaran.
     Prinsip kerja karburator adalah sebagai berikut (lihat gambar). Penampang pada bagian atas jet menyempit, sehingga  udara yang mengalir pada bagian ini bergerak dengan kelajuan yang tinggi. Sesuai asas Bernoulli, tekanan pada bagian ini rendah. Tekanan di dalam tangki bensin sama dengan tekanan atmosfer. Tekanan atmosfer memaksa bahan bakar (bensin atau solar) tersembur keluar melalui jet, sehingga bahan bakar bercampur dengan udara sebelum memasuki silinder mesin.
Gambar. Karburator


5 comments: