Tuesday, December 1, 2015

INFO FISIKA

Gesekan Ban-Ban Mobil

Bagaimanakah faktor ban mobil mempengaruhi keselamatan anda saat berkendara pada suatu jalan raya?Faktor-faktor apa sajakah yang menjaga agar ban-ban  mobil anda tidak tergelincir ketika menikung atau mengerem? Bagaimanakah peranan gesekan dalam masalah ini?

Gesekan ban ditentukan oleh pola tapak ban. Untuk jalan beraspal baik dan dalam kondisi jalan kering,ban dengan permukaan halus (tanpa tapak) memberikan tenaga tarik yang lebih baik daripada ban dengan tapak beralur. Ini karena ban halus memberikan daerah kontak yang lebih lebar diantara permukaan ban dan jalan. Karena alasan ini ban-ban yang digunakan untuk balap mobil pada sirkuit dengan kondisi jalan kering umumnya menggunakan ban dengan permukaan halus tanpa desain tapak





Sayangnya, ban dengan permukaan halus memberikan tenaga tarik yang sangat kecil pada kondisi hujan atau jalan tertutup salju. Ini terjadi karena gaya gesekannya menjadi berkurang akibat terjadinya pelumasan oleh lapisan air yang terdapat antara ban dan jalan. Untuk kondisi jalan basah sebaiknya digunakan ban dengan permukaan bertapak. Ban bertapak memiliki alur-alur atau saluran sehingga air dapat menyusup ketika ban berputar sepanjang jalan. Ini menghasilkan daerah kontak langsung antara ban dan jalan. Sebuah ban bertapak menghasilkan koefisien gesekan yang berkisar 0,7 pada keadaan kering dan 0,4 pada keadaan basah. Bandingkan dengan koefisien untuk ban tanpa tapak yaitu 0,9 untuk kondisi kering dan 0,1 untuk kondisi basah.

(Sumber:Marthen Kanginan, Fisika SMA Jilid 1)

No comments:

Post a Comment